Manfaat Soda Api untuk WC

Manfaat Soda Api untuk WC Yang Mampet dan Cara Memakainya

Sebenarnya, apa manfaat soda api untuk WC? Mungkin sebagian orang masih belum paham kalau penggunaan soda api bisa membantu memperbaiki WC yang mampet. Untuk itu, perhatikan beberapa uraian di bawah ini supaya kamu mendapatkan ilmu baru. 

Salah satu masalah rumah tangga yang paling umum dan mengganggu adalah toilet mampet. Sebab, masalah tersumbatnya toilet akan sering mengeluarkan bau tak sedap dan tentunya hal ini akan mempengaruhi kenyamanan bagi penghuni rumah. 

Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan toilet mampet adalah tersumbatnya jalur toilet karena kebiasaan membuang banyak sampah ke dalamnya seperti tisu, tusuk gigi, sisa makanan, dll. Hayo, sampah apa yang sering kamu buang ke dalam kloset?.

Apa Manfaat Soda Api untuk WC?

Untuk kamu tahu bahwa penyebab WC mampet di rumah bisa jadi karena sampah organik yang mudah terurai. Maka dari itu kamu bisa mencoba memperbaiki sumbatan tersebut dengan soda api untuk membuka saluran pembuangan ke septic tank. 

Namun maksud fungsi dari soda api di sini tidak akan bekerja pada toilet yang tersumbat oleh benda asing, seperti pembalut mainan bayi, kain, benda karet atau plastik, dll. Sampah organik yang bisa terurai secara alami yaitu mencakup kotoran manusia, kotoran hewan peliharaan, kertas tisu, dan minyak. 

Kamu bisa menggunakan manfaat soda api untuk toilet mampet tanpa membahayakan diri sendiri jika mengikuti petunjuk keselamatan di artikel ini. 

Peraturan Keselamatan Menggunakan Soda Api untuk WC Mampet

Soda api bisa menyebabkan kulit terbakar maka dari itu kamu harus gunakan bahan kimia tersebut dengan hati-hati. Kenakan sarung tangan karet untuk mencegah kontak kulit dengan soda api. 

Apabila mengenai kulit, segera bilas kulit di bawah air mengalir sebanyak mungkin karena reaksi soda api dan air seperti air mendidih dengan letupan kecil. 

Jangan lupa untuk kenakan masker hidung/mulut untuk menghindari terhirupnya gas reaktif. Kenakan juga pelindung mata dan jauhi wajah kamu saat menuangkan soda api ke toilet untuk menghindari reaksi percikan. 

Terakhir, soda api menimbulkan panas air yang bereaksi dengannya, jadi kamu tidak perlu menggunakan air panas lagi karena apabila suhu air terlalu tinggi, hal tersebut bisa merusak pipa drainase PVC.

Cara Menggunakan Soda Api untuk WC Mampet

Meskipun cara ini tidak dilakukan oleh tim profesional seperti CV Mitra Sabena, kamu tetap bisa melakukannya sendiri namun harus dengan hati-hati. Berikut adalah beberapa cara mengatasi WC mampet dengan soda api.

Kamu harus kenakan sarung tangan karet; masker hidung/mulut; melindungi mata; Buka pintu dan jendela kamar mandi .

Pastikan toilet tidak tergenang melebihi normal. Jika toilet terlalu penuh, tunggu hingga air surut dan kembali normal atau bisa menggunakan jasa sedot WC Jakarta Utara.

Gunakan sendok plastik untuk menuangkan sekitar setengah cangkir soda api ke dalam lubang WC.

Kamu tidak perlu menambahkan air lagi karena air di dalam saluran pembuangan sudah cukup untuk bereaksi dengan soda api.

Biarkan soda api bereaksi dengan air selama sekitar satu hingga tiga jam. Setelah itu siram WC dengan air yang banyak dan periksalah apakah masih tersumbat. 

Apabila masalah berlanjut, ulangi langkah diatas dengan lebih 2-6 banyaknya soda api untuk waktu yang lebih lama. Namun, pastikan jangan menambahkan terlalu banyak, ya!.

Jadi seperti itulah manfaat soda api untuk WC yang mampet. Kamu bisa melakukannya sendiri. Namun apabila cara tersebut sulit untuk kamu lakukan, maka hubungilah tim profesional. / Dy

Baca Juga: Tren Filter Instagram yang Buat Fotomu Makin Unik

Give a Comment