Trip Labuan Bajo Ala Backpacker Biar Hemat

source: pixabay.com

Tak perlu habiskan budget puluhan juta hanya untuk liburan ke Labuan Bajo. Ada tips hemat liburan ke Labuan Bajo yang bisa kamu coba. Ada salah satu tips yang sedikit meniru trip Labuan Bajo ala Backpacker. Penasaran kan seperti apa sih nge-trip ala backpacker? Dan tips hemat ajah yang bisa kita coba agar bisa liburan di Labuan Bajo dengan budget minim? Yuk kita simak informasinya. 

Pilih Hostel atau Hotel?

Untuk penginapan, sebenarnya sih tergantung sama preferensi kita. Jika kamu lebih memilih tempat yang aman dan nyaman untuk beristirahat, hotel adalah pilihan yang tepat. Hanya saja kamu harus rela merogoh kocek lebih dalam lagi agar kamu bisa menginap di hotel. 

Namun jika kamu hanya memiliki budget yang pas-pasan, tidak ada salahnya kamu memilih hostel sebagai tempat istirahat kamu. Ngomongin soal hostel di Labuan Bajo, kini sudha ada banyak sekali pilihannya. 

Kamu hanya perlu memilih jenis kamar yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Secara umum, kamar hostel terbagi menjadi 2, yaitu dormitory dan private room. Dormitory hanya dibanderoli dengan harga sewa mulai dari 120.000 saja. Kemudian ada kategori yang kedua yang kita sebut dengan private room. Jenis kamar yang satu ini memang khusus untuk 2 orang, jadi akan lebih nyaman. 

Makan & Minum

Pengeluaran terbesar setelah transportasi adalah biaya makan dan minum selama di lokasi liburan. Oleh karena itu, kamu harus pandai mengakalinya. Ada tips menarik nih agar kami bisa tetap hemat plus makan enak.

Tips-nya adalah bawa bekal makanan yang kiranya awet selama kamu bawa di tempat liburan. Misalnya saja abon dan rendang yang telah kamu kemas ke dalam wadah yang sangat aman dan anti-tumpah. 

Dengan bekal ‘ajaib’ ini, kamu bisa tetap menyantap makanan dengan harga murah dan menambahkan abon dan rendang sebagai pelengkapnya. Tips yang satu ini sungguh solutif. Apalagi buat kamu yang susah makan atau sulit mencari tempat makan yang sesuai dengan selera dan kesukaanmu.

Jangan lupa untuk me-manage pengeluaranmu khusus untuk makan. Bila perlu, atur biaya makan dan minum harian. Tentukan budget maksimal untuk kebutuhan makan dan minum. 

Awali Tour dengan Jurus Menawar

Tips yang satu ini memang wajib kamu coba. Pasalnya, jika kamu berhasil menawar harga, kamu bisa menekan pengeluaranmu sehari itu. Trip Labuan Bajo di hari pertama biasanya akan menunjuk hoping island sebagai permulaan.

Sembari menunggu senja, berbaurlah dengan para pemilik kapal penyeberangan. Ajak mereka mengobrol santai sambil bertanya-tanya seputar rangkaian tour hoping island. Jika timing-nya tepat, cobalah mulai untuk menawar harga. 

Biasanya, para pemilik kapal akan membanderol tarif sewa kapal mereka dengan harga 2,5juta hingga 3 juta untuk paket one day trip. Tujuannya tidak hanya satu pulau saja, melainkan beberapa. Sebut saja mulai dari Pulau Padar hingga Pulau Kelor. 

Sewa Motor

Tips liburan hemat di Labuan Bajo selanjutnya adalah lebih memilih untuk sewa motor dibandingkan dengan sewa mobil. Tips yang satu ini wajib kamu aplikasikan jika mau memerlukan transportasi untuk dapat mobile dari satu lokasi wisata yang satu ke lokasi wisata lainnya. 

Sepeda motor tentu akan menjadi alternatif kendaraan terbaik selama kamu liburan di Labuan Bajo. Dengan mengendarai motor, kamu bisa bebas melaju di jalanan-jalanan di Labuan Bajo yang kini sudah beraspal dan halus. 

Belum lagi ketika kamu menjumpai pemandangan indah di pinggir jalan. Kamu bisa lebih bebas untuk berhenti sejenak lalu mengabadikan momen ini dengan menggunakan kamera atau smartphone kamu. 

Bagaimana dengan biaya sewanya, apakah mahal? Tentu tidak. Apalagi jika dibandingkan dengan harga sewa mobil. Tent biaya untuk sewa motor jauh lebih kecil dibandingkan dengan biaya sewa mobil. 

Rata-rata tarif sewa motor per hari di Labuan Bajo hanya sekitar Rp.75.000 saja. Jika kamu merasa biaya sekian ratus ribu ini terlampau mahal, kamu bisa sharing cost dengan sesama backpacker. Cuma Rp. 30.000-an saja nantinya.

Nah, soal tiket pesawat, seharusnya kamu memasukan biaya untuk membeli tiket pesawat sebagai biaya di luar biaya-biaya tadi. Jika dikalkulasi, total biaya yang harus dikeluarkan untuk dapa liburan di Labuan Bajo adalah sekitar 3 jutaan saja.

Rincian Biaya Pengeluaran saat Trip Labuan Bajo

Biaya tiket pesawat PP sekitar 2 juta per orang. Lalu biaya hostel sekitar Rp.300.00 dengan cataatan harga sewa kamar hostel tidak lebih dari R.150.000 per orang. Biaya makan dan minum per-hari Rp.60.000. 

Ada juga sewa kapal untuk tour hoping land. Anggap saja harga sewa kapal mencapai Rp. 350.000 hingga Rp.500.000 orang (dengan catatan kamu perlu mengajak backpacker lain agar dapat sharing cost).Terakhir, biaya sewa motor yang kurang lebih dibanderol Rp100.000 orang. 

Bagaiman, tak sabar untuk mengaplikasikan tips nge-trip Labuan Bajo ala Backpacker. Selamat mencoba and enjoy your holiday.