Cara Optimasi Google Maps Agar Bisnis Anda Muncul Teratas


Memastikan bahwa bisnis Anda muncul di Google Maps sangat penting. Baik untuk sekarang maupun kelangsungan jangka panjang. Dan untuk itu Anda perlu cara optimasi Google Map karena ini bagian dari strategi marketing terkini.

Artikel ini akan menjelaskan cara bagaimana bisnis Anda muncul di Google Map teratas. Anda bisa menyebut ini strategi Local SEO. Teknik untuk muncul dan mendapat peringkat dalam pencarian lokal.

Pendahuluan

Calon pelanggan sering kali skeptis terhadap bisnis dengan sedikit atau tanpa kehadiran online. Untungnya, Google Maps menyediakan salah satu cara termudah dan tercepat untuk mengonlinekan bisnis Anda. 

Sehingga, pemilik bisnis sekarang memiliki peluang untuk memasarkan barang dan layanan mereka secara real-time. Kepada siapa pun yang memiliki akses internet dan perangkat seluler. Salah satunya melalui strategi optimasi SEO lokal melalui Google Map.

Para pakar menyebutnya ini adalah Google Maps Marketing

Apa itu Google Maps Marketing?


Google Maps Marketing atau pemasaran Google Map hanyalah optimalisasi keberadaan bisnis Anda di Google Maps.

Tujuannya sederhana: dengan peringkat yang lebih tinggi dalam pencarian, Anda memiliki peluang untuk meningkatkan bisnis Anda secara signifikan. Memungkinkan bisnis Anda mendapat traffic organik dari mesin pencari.

Semakin baik pengoptimalan profil bisnis Anda, semakin besar peluang Anda untuk muncul dalam pencarian Google Maps untuk jenis bisnis Anda di wilayah Anda. Atau pencarian secara lokal

Gambar untuk hasil pencarian dengan kata kunci "Jasa SEO Jakarta Selatan"; ada tiga bisnis (3 paket) yang muncul di Google Maps. Yang artinya berpeluang mendapat click dari calon konsumen. 


Cara Optimasi Google Maps 

Ini jauh dari ilmu pengetahuan dalam pendidikan formal. Dan tidak ada jalan yang dapat dijamin untuk mendapat peringkat terbaik. Tetapi ada beberapa cara terbaik untuk optimasi bisnis Anda di Google. Langkah-langkah tersebut diantaranya adalah; 

Klaim Nama Bisnis Anda

Anda bisa saja memiliki daftar Google Map, tanpa menyadarinya. Jika iya, maka tugas pertama Anda dalaha mengklaimnya sebagai milik Anda. Dengan begitu maka Anda dapat mengelola bagaimana informasi bisnis Anda muncul di platform Google, termasuk Penelusuran dan Maps. Jika tidak, biasanya itu muncul namun dalam kondisi tidak lengkap.

Jika bisnis Anda belum terdaftar, maka daftar dan klaim segera. 

Google sendiri, memberikan penjelasan langkah demi langkah penting dalam hal ini. Itu terkait tentang cara menambahkan atau mengklaim daftar.

Akurasi NAP


Setelah mengklaim listingan bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah memastikan akurasi NAP (nama, alamat, dan nomor telepon). Sesuai dengan identitas bisnis Anda.

Informasi NAP harus benar-benar akurat. Tidak hanya di daftar Google, tetapi di mana pun informasi itu muncul di Internet. Pastikan informasi yang Anda berikan konsistensi di seluruh di situs direktori bisnis lainnya. Seperti Yelp, Bing, dan lainya. Jika ada perbedaan, bisnis Anda mungkin tidak muncul di Google Maps. 

Kategori

Google mengklasifikan bisnis berdasarkan kategori. Ini membantu pencari menemukan apa yang mereka cari. Jadi perhatikan bagian ini dengan baik ketika mengatur listing Anda. Pilih satu yang mendeskripsikan bisnis Anda sedekat mungkin. Lalu maksimalkan lima kategori yang tersedia untuk Anda.

Pastikan kategori utama Anda relevan dengan kata kunci utama yang ingin dirangking dan memaksimalkan kategori sekunder.

Tambahkan Foto & Video

Mengupload foto dan video bukan saja sebagai hal untuk memperindah. Lebih dari itu, juga upaya meyakinkan pengguna terhadap bisnis Anda. Gambar sangat mempengaruhi keputusan konsumen untuk mengunjungi sebuah toko, terutama tempat-tempat seperti bar dan restoran, jadi ini adalah salah satu area yang perlu mendapat perhatian khusus.

Kinerja Foto: "Tampilan foto dan jumlahnya" dapat menjadi sinyal penting dalam peringkat. Itu seharusnya juga menunjukkan campuran foto yang berasal dari Anda versus yang diposkan oleh pelanggan Anda.

Manusia bereaksi positif terhadap visual yang menarik. Jadi, Anda harus meluangkan waktu untuk mengambil foto bisnis Anda sebaik mungkin.

Jam kerja

Sepertinya sederhana, tetapi jam buka harus benar-benar akurat dan semudah mungkin ditemukan. Para pencari biasanya memiliki kebutuhan yang mendesak dan ingin tahu apakah suatu tempat buka saat itu, jadi tidak mencantumkan jam buka dapat berdampak negatif bagi Anda.

Ulasan

Ulasan positif benar-benar memberi dampak besar terhadap merek Anda di muka publik. Selain itu ini adalah cara terbaik dalam optimasi Google Maps dan membantu meningkatkan peringkat.

Bahkan jika Anda sudah berdada dalam 3 paket, Anda tetap harus mengelolanya. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ulasan. Ini merupakan alah satu cara untuk membedakan diri Anda dari bisnis teratas lainnya. Jadi jangan abaikan ulasan! 

Tambahkan link ulasan Google Maps Anda ke tempat-tempat yang memungkinkan. Seperti tanda tangan email dan invoice. Selain itu, Anda dapat menerapkan strategi pembuatan ulasan tidak hanya di Google Places tetapi juga di platform seperti Yelp dan Lokal.

Optimalkan Situs Anda

Terakhir, jangan lupa tentang mengoptimalkan SEO situs perusahaan Anda. Semakin bagus kualitas SEO situs Anda maka semakin baik pula peringkat bisnis di Google maps. 

Caranya, cantuman Google Maps di situs bisnis Anda. 

Berikut beberapa tip cepat untuk membantu membuat bisnis Anda lebih mudah ditemukan secara lokal seperti:
  • Menyertakan kata kunci "terdekat" di website Anda
  • Membuat konten (posting blog bagus untuk ini) merujuk pada acara tertentu, dengan informasi waktu dan lokasi
  • Termasuk kata kunci spesifik lokasi
  • Membuat situs web Anda responsif seluler; tidak memiliki situs web yang ramah seluler, kini dapat berdampak negatif pada peringkat mesin telusur Anda
Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan fitur Google My Business! Ini sepenuhnya gratis, namun benar-benar mampu memberi dampak yang signifikan.

Menyiapkan & Mengoptimalkan Daftar Google Bisnisku (GMB) Anda

Membuat daftar Google Bisnisku (GMB). Anda hanya memberi tahu Google bahwa bisnis Anda ada.

Daftar Google Bisnisku

Untuk setting Google Bisnisku:
  1. Masuk ke Google dan buka https://www.google.com/business/
  2. Kemudian cari atau buat daftar untuk bisnis Anda. Terkadang faktor atau input lain telah menyebabkan daftar asumsi dadakan tentang bisnis Anda. Pastikan Anda mengklaim dan memperbaikinya jika itu terjadi.
  3. Isi semua informasi sesuai dengan daftar isian yang disediakan. 
  4. Pastikan untuk memilih kategori yang benar dan menambahkan kontak.
  5. Verifikasi akun anda. Ini dapat dilakukan dengan Google melalui telepon, email, atau surat konvensional.
  6. Tambahkan foto berkualitas.
  7. Periksa ulang semua informasi Anda.
  8. Baca panduan ini untuk mempelajari cara mengoptimalkan daftar GMB Anda sepenuhnya.

Cara Menaikkan Peringkat Google Maps

Google Maps memperhitungkan sejumlah faktor ketika memutuskan bagaimana menentukan peringkat pencarian organik.

Jarak geografis dari orang yang melakukan pencarian dan kategori bisnis yang relevan dengan pencarian mereka adalah yang paling jelas.

Mungkin yang lebih penting adalah seberapa lengkap dan akurat daftar GMB Anda. Ini bisa menjadi pemecah ikatan antara Anda dan pesaing Anda dalam menentukan siapa yang muncul dalam pencarian.

Akhirnya, sentimen positif (review bagus) bisa menjadi faktor penentu.

Mendapatkan Ulasan Yang Baik

Banyak perusahaan telah mengembangkan sistem seputar menumbuhkan ulasan positif.

Beberapa akan meminta pelanggan secara langsung, pada akhir transaksi, untuk memberi mereka ulasan.

Bisnis lain mengajukan permintaan peninjauan secara jelas, saat checkout. Beberapa bahkan telah menggunakan kode QR.

Salah satu metode yang efektif adalah meninggalkan permintaan peninjauan, pada kartu nama, dilampirkan pada kenang-kenangan "Terima Kasih". Sesuatu yang sederhana seperti penyegar udara gratis bisa sangat bermanfaat.

Di semua materi promosi Anda, praktik bisnis yang baik adalah menyediakan tautan bagi pelanggan untuk meninggalkan ulasan Google.

Bagaimana dengan Tinjauan Buruk?


Tangani ulasan buruk dengan tenang. Bekerja keras untuk mengatasinya dengan ulasan yang lebih baik.

Saat Anda mendapat ulasan buruk, minta maaf, terima tanggung jawab, dan tawarkan untuk memperbaikinya; bahkan jika itu bukan salahmu.

Itu adalah proposisi yang hilang untuk menjadi defensif atau agresif dalam balasan Anda.

Tinjauan buruk memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan profesionalisme Anda, membantu mengurangi kemungkinan kerusakan.

Posting di Google Bisnisku


Ini adalah fitur yang kurang digunakan. Contoh Google Bisnis dengan postingan yang bagus: https://garuda-web-development.business.site/

Pemilik bisnis dapat "mempublikasikan ... penawaran, acara, produk, dan layanan langsung ke Google Penelusuran dan Maps."

Ini bisa menjadi cara lain yang efektif untuk berdiri terpisah dari pesaing Anda.

Checklist Optimasi Google Maps


Untuk membuat bisnis Anda mendapat peluang yang lebih baik untuk muncul di Google Maps pada pencarian yang relevan, cukup ikuti daftar periksa di bawah ini.

Klaim atau buat daftar untuk bisnis Anda.

Isi semua informasi:

  1. Area layanan dan alamat yang benar.
  2. Jam kerja / hari kerja.
  3. Situs web / URL bagi mereka untuk melakukan pembelian.
  4. Daftarkan penawaran khusus Anda. Jelas dan sederhana. Cobalah untuk menambahkan kata kunci secara alami jika memungkinkan. 
Lalu lanjutkan ke tahap berikut ini:

  • Pilih kategori yang paling relevan dan umum untuk bisnis Anda.
  • Pastikan informasi konsisten di seluruh web.
  • Tambahkan foto berkualitas tinggi.
  • Periksa ulang semua informasi Anda.
  • Kembangkan ulasan yang baik.
  • Bicara tentang bisnis Anda di Google Bisnisku.
  • Daftarkan bisnis Anda di direktori lain.
  • Gunakan analitik untuk menyesuaikan strategi Anda.

Iklan Berbayar & Pencarian Lokal

Google memberi Anda alat untuk menargetkan area lokal Anda dengan iklan pencarian lokal.

Ini adalah iklan berbayar yang dapat membantu Anda muncul di bagian atas halaman pencarian Google atau Aplikasi Peta ketika seseorang mencari layanan yang relevan.

Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan pelanggan dan tidak bisa menunggu upaya organik Anda untuk membayar, Anda mungkin ingin mempertimbangkan iklan berbayar.

Banyak bisnis telah sukses besar dalam menggunakan iklan pencarian lokal di Google. Ini bisa menjadi pelengkap sempurna untuk upaya pemasaran organik.

Melacak Kinerja Pemasaran Google Maps Anda


Melacak kinerja Anda di Google Maps dilakukan melalui analitik yang ditawarkan dengan akun Google Bisnisku Anda.

Ini diperlukan untuk mengevaluasi keberadaan web Anda saat ini dan mengoptimalkannya, bergerak maju

Berikut ini adalah metrik utama yang harus Anda perhatikan:


Layanan Google yang Digunakan Pelanggan untuk Menemukan Bisnis Anda

Metrik penting untuk diperhatikan adalah jenis pencarian yang mengarah ke website Anda.

Ini akan memberi tahu Anda volume pengguna yang mencari Anda berdasarkan nama, vs mereka yang menemukan Anda melalui kata kunci yang relevan dengan merek, lokasi, dan industri Anda.

Ini dapat membantu Anda mengukur persentase pelanggan baru versus pelanggan tetap yang datang ke situs Anda melalui Google.

Di mana Pelanggan Melihat Bisnis Anda di Google

Bagian ini akan memberi tahu Anda frekuensi Anda ditemukan pada pencarian umum vs daftar peta.

Diambil bersamaan dengan metrik pertama, Anda dapat mengukur kesuksesan umum Daftar Google Map Anda dalam menarik pelanggan baru.

Saat Anda melakukan perubahan, pantau statistik ini untuk memastikan Anda membuat keputusan yang tepat dan bergerak ke arah yang positif.

Listing Aksi Pengunjung 

"Tindakan pelanggan" akan menunjukkan kepada Anda tindakan apa yang dilakukan orang sebagai tanggapan terhadap listing Anda.

Anda akan mengetahui apakah listing Anda membantu orang menemukan lokasi Anda, situs web Anda, atau mengarah ke suatu bentuk kontak.

Ini mungkin metrik paling penting saat Anda memulai mengoptimalkan listing Anda.

Bekerja untuk meningkatkan keterlibatan dan interaksi pelanggan adalah jalan terbaik menuju sukses.

Mengapa Optimasi Google Maps Begitu Penting?

Google menangani sekitar 3,5 miliar pencarian per hari. Wow.. Dan menyumbang hampir 88% dari semua pencarian seluler. Menjawab pertanyaan mengapa optimasi Google Maps itu penting, berikut diantaranya;

  • Pencarian Google lokal juga secara langsung diterjemahkan menjadi penjualan dengan 76% dari mereka yang mencari produk lokal mengunjungi toko dalam sehari.
  • Pemasaran Google Maps dapat memengaruhi cara Google memandang bisnis Anda. Dan bagaimana atau jika itu muncul dalam pencarian organik dalam apa yang dikenal sebagai paket 3 lokal.
  • Hasil Google Map (3-pack lokal) muncul di bagian atas halaman dalam Pencarian Google ini.
  • Google Maps dapat menyalurkan ribuan pelanggan potensial ke bisnis Anda.
  • Kecuali jika bisnis Anda berada di peringkat 3-paket, peluang Anda untuk ditemukan secara eksponensial lebih rendah.
  • Itulah sebabnya Pemasaran Google Maps umumnya dianggap sebagai aspek terpenting dari pekerjaan SEO lokal.

Kesimpulan

Mengoptimalkan daftar Google Maps membutuhkan usaha dalam bentuk kerja keras dan konsisten. Tetapi sebagian besar hal yang disebutkan cukup mudah. Tetap ikuti perkembangan perubahan algoritme dan nilai kembali strategi Anda, jika tidak ada yang berubah setelah beberapa bulan.

Dan terakhir, seperti semua hal yang terkait dengan peringkat, kesabaran dan ketekunan sangat penting jika Anda berharap masuk ke paket 3.

Penyempurnaan akan membuat Anda berbeda dari pesaing.

Perhatikan analitik Anda.

Cara terbaik untuk memasarkan diri Anda di semua aplikasi Google adalah dengan:
  • Selalu perbarui informasi Anda.
  • Jaga bukti sosial Anda (ulasan pelanggan) positif.
  • Pastikan bahwa presentasi visual Anda selalu unggul. 
 Hal lain yang perlu Anda baca:

Deskripsi Google Maps dipencarian teratas: